Makanan sehat gizi seimbang

Makanan yang kita konsumsi sehari – hari baik nasi, lauk , sayuran , buah – buahan dan sebagainya merupakan sumber zat gisi yang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga.

Seorang ibu rumah tangga berperan utama dalam menentukan status gisi dalam keluarga.

Mengapa? Karena ibu yang lebih memperhatikan secara detail menu apa saja yang akan dihidangkan, bagaimana membuat variasi makanan setiap hari agar keluarga sehat, terhindar dari gangguan penyakit dan kebutuhan zat gisi terpenuhi secara seimbang. Jarang sekali ada bapak kepala keluargayang ikut sibuk memikirkan tentang menu makanan.
Tugas ibu ini tampaknya sepele, namun kebijakan seorang ibu dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi keluarga memegang peranan penting untuk kecerdasan anak – anak demi masa depan mereka.

Apa yang menjadi tanggung jawab seorang ibu dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan anak?

Beberapa masalah yang terjadi saat ini adalah, ibu rumah tangga juga sibuk bekerja. Akhirnya peran pengatur menu gisi sehat seimbang dalam keluarga diambil alih oleh pengasuh anak atau pembantu rumah tangga. Selain persoalan tersebut adalah kecenderungan pemilihan makanan siap saji atau jenis makanan yang berkalori tinggi namun bernilai gisi rendah.

Kecerdasan anak tidak bisa diciptakan secara instan

Jika ibu menginginkan anak yang cerdas dalam prestasi sekolah maka anak tidak cukup hanya dengan stimulasi dan latihan ataupun sederet les privat, namun yang sangat menunjang adalah terpenuhinya zat gisi sehat dan seimbang dalam keluarga bahkan harus dimulai sejak dalam kandungan. Setelah anak lahir, Ibu adalah orang terdekat pertama yang bertanggungjawab untuk mengenalkan aneka zat gisi dalm berbagai bentuk hidangan. Pada masa pengenalan jenis makanan sejak awal menjadi penentu kebiasaan makan anak untuk selanjutnya.

Bila tak punya waktu apa yang ibu lakukan untuk menentukan menu yang sehat seimbang?

Salah satu catatan penting untuk para ibu rumah tangga adalah mengetahui sebenarnya zat gisi apa saja yang perlu diberikan bagi anak dan seluruh anggota keluarga. Bila tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak sendiri paling tidak ibu mempunyai kesempatan menentukan menu pilhan hari ini. Buat pesan untuk pembantu rumah tangga atau pengasuh rumah sebelum berangkat bekerja.

Makanan sehat dan seimbang itu yang bagaimana?

Makanan dikatakan sehat dan seimbang secara awam dapat dijelaskan yakni kombinasi makanan yang mengandung kecukupan semua zat gisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Banyak makanan yang bisa di kombinasi dan divariasi oleh para ibu rumah tangga untuk pemenuhan gisi seimbang dalam keluarga. Berbagai jenis makanan mempunyai berbagai jenis manfaat yang berbeda pula. Makanan yang kita konsumsi sebaiknya memenuhi syarat zat gisi seimbang antara lain sebagai sumber tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.

Apa saja jenis makanan yang menjadi sumber zat tenaga?

Makanan yang menjadi sumber zat tenaga adalah yang mengandung karbohidrat serta lemak yang menghasilkan zat tenaga untuk beraktifitas, bermain dan bekerja.
Sumber zat gisi ini terdapat dalam beras putih, beras merah, ketan putih, ketan hitam, umbi rambat, ubi kayu, umbi umbian termasuk kentang, sagu, jagung, gandum, sereal.
Bahan yang mengandung lemak dalam bentuk olahan seperti minyak kelapa, mentega, keju. Bahan yang mengandung zat kalori juga ditemukan pada makanan manis yaitu gula merah, gula putih, madu, tebu.

Apa saja sumber zat pembangun dan pembentuk jaringan tubuh termasuk pembentuk sel otak otak?

Makanan yang mempunyai fungsi zat pembangun atau pembentuk jaringan tubuh antara lain adalah aneka makanan yang mengandung protein.Makanan ini antara lain ikan laut, unggas, daging sapi, kambing, telur,kacang kacangan termasuk kedelai, tahu , tempe, kacang merah, susu, dan sebagainya

Apa saja makanan yang mengandung zat pengatur bagi tubuh kita?

Makanan yang mengandung zat pengatur adalah makanan yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk proses pengolahan seluruh zat makanan agar dapat diproses secara optimal dalam tubuh kita.Vitamin yang kita jumpai sehari – hari dalam makanan yang kita konsumsi adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan beberapa zat mikro nutrien seperti seng, kalium, natrium, asam folat, kalsium, zat besi dan sebagainya.

Di mana zat vitamin tersebut banyak ditemukan?

Vitamin terdapat dalam sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, daun kelor, daun singkong, daun bayam merah, daun sawi, jenis kol, kangkung, tomat, wortel, paprika, buncis, kacang polong, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, dan masih banyak lagi yang lain.
Jangan lupa air putih, air putih berguna untuk memperlancar proses pendistribusian seluruh zat tersebut dalam tubuh, mengganti cairan tubuh yang hilang akibat keringat,dan sebagainya.Lalu air putih juga memperlancar pembuangan zat sisa yang tidak diperlukan tubuh..

sumber : google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s