Penyebab Stretch Mark

Merasa terganggu dengan kemunculan garis-garis pada kulit yang tiba-tiba saja muncul? Hal itu disebut stretch mark. Stretch mark terbentuk apabila dermis atau lapisan tengah kulit mendorong elastisitas kulit. Saat elastisitas rusak, kulit pun mencoba memperkuat diri dengan kolagen hingga menyebabkan timbulnya stretch mark. Apa sih penyebab yang mempengaruhi timbulnya stretch mark? Ini dia beberapa diantaranya: Kehamilan Kehamilan merupakan faktor utama munculnya stretch mark. Stretch mark biasanya mulai muncul setelah trimester kedua kehamilan. Hormon yang dihasilkan selama kehamilan meningkatkan kemungkinan munculnya stretch mark di beberapa bagian tubuh.
Pubertas Di masa pubertas, pertumbuhan tubuh dan hormon sangat cepat. Lapisan kulit dermis pun tentu bertambah beban. Pada tubuh perempuan stretch mark biasanya muncul di bagian paha, lengan, pinggul, dan payudara, sementara laki-laki hanya di bagian pinggul. Pertambahan dan Penurunan Berat Badan Drastis Diet ketat dan perubahan berat badan secara drastic juga ikut mempengaruhi timbulnya stretch mark di berbagai bagian tubuh. Saat perubahan berat badan drastic terjadi, lapisan dermis akan tampak robek-robek untuk meringankan peregangan pada tekanan kulit. Dan apabila lapisan dermis ini gagal memperbaikinya, stretch mark pun akan muncul.
Itulah tiga faktor utama yang biasanya memicu munculnya stretch mark pada tubuh. Walaupun kemunculan stretch mark pada setiap orang tentunya berbeda-beda, tergantung kesehatan dan elastisitas kulit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s