Perancangan Eksperimen 1

  • Eksperimen adalah suatu percobaan atau serangkaian percobaan pada sebuah proses atau sistem, dengan perubahan yang sengaja dilakukan pada variabel input, sehingga kita dapat mengamati dan mengidentifikasikan penyebab perubahan pada output sistem tersebut.
    • Tujuan Perancangan dan Analisis Eksperimen adalah Merencanakan dan melakukan ekperimen , menganalisa data yang dihasilkan , dan menarik konklusi yang valid dan obyektif
    • Fokus dari “Perancangan dan Analisis Eksperimen”

•Engineering: aktivitas pembuatan produk

•Formulasi dan perancangan produk baru

•Pengembangan proses manufaktur

•Peningkatan proses

  • Science:

•Physical

•Chemical

  • Model Umum Proses atau Sistem”

Input: material/benda

Proses: adalah kombinasi dari operasi, mesin, metoda, manusia, dan sumber-sumber lain

Output: memiliki satu atau lebih response variables yang dapat diamati.

 

Tujuan dari eksperimen:

1.Menentukan variabel yang paling berpengaruh pada respon y

2.Menentukan nilai x yang berpengaruh, sedemikian sehingga y hampir selalu mendekati nilai nominal yang diharapkan

3.Menentukan nilai x yang berpengaruh, sedemikian sehingga variabilitas yang  kecil

4.Menentukan nilai x yang berpengaruh, sedemikian sehingga efek dari variabel tak terkontrol Z1, Z2, … Zq dapat diminimasikan

 

Strategi eksperimen:

1.Best-guess approach: menggunakan pengetahuan sebelumnya untuk mengubah beberapa variabel melalui percobaan di bawah kondisi yang diharapkan untuk memberikan hasil terbaik

2.One-factor-at-a-time: memodifikasi satu variabel pada suatu waktu sambil menjaga yang lain tetap

3.Factorial experimen

 

Best-guess approach

Kerugian :

•Bila pelaku percobaan harus melakukan „dugaan‟ lain, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama tanpa jaminan keberhasilan

•Pelaku percobaan cenderung menghentikan percobaan, meski belum tentu menemukan solusi terbaik

 

One-factor-at-a-time approach

Kerugian:

•Tidak mempertimbangkan kemungkinan interaksi antar faktor

•Kurang efisien dibandingkan dg metoda lain yang didasarkan pada pendekatan statistik untuk perancangan

 

Prinsip Dasar

Randomization: alokasi material ekperimental dan urutan percobaan dilakukan melalui penentuan secara acak (randomly determined)

Replication: pengulangan tiap kombinasi faktor secara independen Untuk memperkirakan besarnya kesalahan eksperimental. Memperkirakan parameter rata-rata sampel dengan lebih teliti

Blocking: adalah sebuah teknik rancangan yang digunakan untuk: meningkatkan ketepatan perbandingan antar faktor yang diteliti dengan cara mengurangi atau mengeliminasi variabilitas yang ditransmisikan dari nuisance factors (faktor yang mungkin berpengaruh pada respon tapi biasanya tidak memiliki kepentingan langsung)

 

Panduan Perancangan Eksperimen

1.Mengenal dan menyebutkan permasalahan

2.Seleksi dari variabel respon

3.Memilih faktor, level dan jangkauan (range)

4.Memilih rancangan eksperimental

5.Melaksanakan eksperimen

6.Melakukan analisis stastistik terhadap data

7.Konklusi dan rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s